List Harga Genteng Jatiwangi Terbaru yang Spesial dan Istimewa

Harga Genteng Jatiwangi Terbaru – Jika Kebumen mempunyai genteng sokka andalannya, begitupun dengan genteng jatiwangi yang terkenal di Majalengka. Genteng jatiwangi adalah genteng yang terbuat dari tanah liat dengan pabrik asal dari Majalengka yang sampai sekarang cukup banyak diburu. Tak heran jika anda mengunjungi Burujul-Jatiwangi, hampir semua penduduknya berprofesi sebagai pengrajin genteng. Meskipun harganya sangat murah untuk genteng jatiwangi, namun diakui bahwa profesi sebagai pengrajin genteng merupakan profesi yang menguntungkan bagi warga sekitar.

Harga Genteng Jatiwangi
Genteng Jatiwangi

Jenis genteng jatiwangi yang biasanya dijual di pasaran ada dua, yaitu genteng morando dan genteng palentong. Perbedaan kedua jenis ini hanya terletak pada lapisan luarnya saja, genteng jatiwangi morando dilapisi dengan pewarna khusus (merah, merah bata, coklat, dan lainnya). Beberapa kelebihan genteng jatiwangi dibandingkan jenis lain diantaranya harga dari genteng jatiwangi cukup terjagkau, tidak menimbulkan suara bising, dapat menyerap panas, radiasi dengan sinar mataharinya tidak menimbulkan efek yang buruk pada tubuh.

Kekuatan dan kekokohan genteng yang terbuat dari tanah liat dapat anda buktikan dari bangunan-bangunan tua peninggalan zaman Belanda di Indonesia, meskipun sudah tidak dipakai dan tidak dirawat beratus-ratus tahun, genteng dan bangunan tersebut tetap mempunyai tampilan dan bentuk yang sama seperti pertama dibangun, ya mungkin ada kotor dan kusam sedikit karena termakan oleh waktu. Hal itulah yang mendasari mengapa genteng tradisional tetap diminati oleh berbagai kalangan ditambah dengan harga yang murah tentu genteng jatiwangi akan menekan biaya pengeluaran selama pembangunan.

Sejarah Genteng Jatiwangi

Pada awalnya, ketika masih zaman penjajahan oleh Belanda di Indonesia, keadaan masyarakat Jatiwangi sangat tradisional, tidak ada rumah yang terbuat dari tanah, batu, ataupun pasir. Mengapa demikian? Pada saat itu masyarakat asli disana mempercayai bahwa benda-benda seperti tanah dan batu tidak boleh diletakkan diatas kepala. Berbeda halnya dengan rumah-rumah penjajah Belanda yang banyak terbentuk dari campuran batu dan tanah. Namun, seiring berjalannya waktu, seorang pelopor H. Umar Bin Ma’ruf mendirikan tempat pembakaran genteng yang kemudian menjualnya dengan harga yang cukup murah.

Kepopuleran tempat pembuatan genteng H. Umar Bin Ma’ruf membuat masyarakat Jatiwangi tertarik untuk mempelajari dan membuat rumah dengan atap genteng. Hal itu membuat banyaknya warga yang memulai usahanya sebagai pengrajin genteng hingga akhirnya pengrajin kecil tersebut mendapat perhatian dari kolonial Belanda, Pemerintah Kolonial Belanda penasaran sehingga ia melakukan pengujian terhadap kualitas genteng tersebut. Hasilnya, ternyata kualitas genteng jatiwangi tersebut termasuk dalam kelas yang paling baik dan cocok untuk membantu pembangunan gedung-gedung yang akan dibuat oleh pemerintahan Belanda. Mulai saat itulah hingga sekarang, genteng jatiwangi terus digunakan dan tetap dibanderol dengan harga genteng jatiwangi yang cukup terjangkau.

Daftar Harga Genteng Jatiwangi

Tipe Harga
Genteng Morando Natural Rp.2.500,-/pcs
Genteng Morando Glazur Brown Rp. 3.600,-/pcs
Genteng Morando Glazur Transparan Rp. 3.600,-/pcs
Genteng Morando Glazur Biru Rp. 7.000,-/pcs
Genteng Morando Glazur Hitam Rp. 3.800,-/pcs
Genteng Palentong Glazur Toska Rp. 7.000,-/pcs
Genteng Palentong Glazur Merah Marun Rp. 7.000,-/pcs
Genteng Palentong Glazur Hitam Rp. 3.000,-/pcs
Genteng Palentong Glazur Transparan Rp. 2.800,-/pcs
Genteng Palentong Natural Rp. 1.600,-/pcs

Baca Juga Artikel Terkait
Harga Cat Vinilex Harga Cat Akrilik
Harga Atap Seng Galvalum Harga Genteng Sokka

List Harga Genteng Jatiwangi Terbaru yang Spesial dan Istimewa | admin | 4.5