Rumah Perlu Renovasi? Simak Tips Berikut Ini

Rumah Perlu Renovasi? Simak Tips Berikut Ini – Merancang tempat tinggal memerlukan beberapa tips dan trik supaya dapat ditinggali lebih lama. Usahanya pun tidak boleh setengah-setengah, kamu harus mencurahkan segala upaya untuk mewujudkan tempat tinggal yang nyaman untuk ditempati dalam waktu yang lama.

Namun seiring berjalannya waktu, rumah yang kamu tempati bisa saja mengalami kerusakan di sana sini. Ada yang atapnya bocor di banyak tempat atau dinding yang rusak karena diterjang oleh anakmu. Dengan begitu, mau tidak mau kamu harus merenovasi rumah. Nah supaya memudahkan usaha kamu, simak nih tips dan trik di bawah ini.

1. Tentukan tujuan kamu merenovasi rumah
Untuk apa sih, kamu merenovasi rumah? Apakah itu sesuatu yang sangat mendesak sekali? Jangan menyepelekan menentukan tujuan ini. Menentukan tujuan bisa membantu kamu supaya kegiatan kamu merenovasi rumah tidak menghabiskan banyak waktu dan biaya.

2. Skala prioritas juga nggak kalah pentingnya loh
Ketika kamu memutuskan untuk merenovasi rumah, maka kamu siap dengan pengeluaran yang nggak sedikit. Untuk itulah dibuat skala prioritas. Setelah kamu menentukan tujuan, kamu tentukan bagian rumah sebelah mana yang perlu direnovasi. Hal ini berguna untuk membantumu menghemat pengeluaran.

3. Kontraktor atau pemborong? Tukang bangunan saja!
Kalau hanya renovasi rumah, biasanya tidak terlalu banyak bagian yang di bongkar. Akan sayang uangnya kalau kamu memakai jasa kontraktor. Itu pun kalau kontraktornya sudah berpengalaman, kalau kamu pilih asal murah akan bahaya nantinya. Menggunakan jasa pemborong juga akan menghabiskan banyak biaya.
Karena pertimbangan tersebut, maka lebih baik kamu memakai jasa tukang bangunan. Ada banyak loh tukang bangunan di luar sana yang hasil pekerjaannya memuaskan. Biayanya pun nggak terlalu mahal kalau dibandingkan dengan kontraktor atau pemborong.

4. Gunakan material yang berkualitas
Jangan terkecoh dengan harga material yang murahnya gak ketulungan. Pepatah yang mengatakan ada harga ada barang itu ada benarnya. Kalau kamu memilih yang hanya asal murah, boleh jadi sebulan kemudian kamu perlu merenovasi ulang. Konsultasikanlah material yang hendak kamu pakai dengan tukang bangunan. Sedikit mahal tidak apa, daripada membuang waktu dan uangmu sia-sia di kemudian hari.

5. Minimalisir biaya tak terduga
Ketika merenovasi suatu bagian dari rumahmu, biasanya kamu akan tergoda untuk merenovasi bagian yang lain. Untuk itulah mengapa di awal kamu memerlukan tujuan dan skala prioritas. Jika renovasi mulai meleber ke bagian lain, lihatlah kembali tujuan dan skala prioritas kamu. Mereka akan membantu kamu supaya tetap berada di jalur semula.

6. Gunakan material bekas yang masih berguna
Hemat pengeluaranmu dengan menggunakan material bekas yang masih layak pakai. Kalau kamu tidak punya, tanyakanlah pada teman-temanmu sekiranya mereka memilikinya. Dengan memanfaatkan material bekas, kamu bisa mengalihkan biaya ke hal lain yang lebih mendesak.

7. Sebaiknya renovasi rumah kamu jangan di musim hujan
Kecuali atap, kegiatan merenovasi rumah sebaiknya dilakukan sat musim kemarau. Renovasi biasanya memerlukan pengerjaan selama beberapa hari. Bila kamu melakukannya saat musim hujan, pekerjaan bisa saja terhenti. Hal ini akan membuat renovasi berjalan lebih lama dan pekerjaan yang dilakukan sebelumnya bisa saja rusak jika terkena air hujan.

Baca :  Trend Contoh Keramik Kamar Mandi Minimalis Dan Sederhana
Rumah Perlu Renovasi? Simak Tips Berikut Ini | admin | 4.5